Keunikan Batik Tulis Papua

Keunikan Batik Tulis Papua lebih menonjolkan kecantikan burung Cenderawasih dan alat musik Tifa. Tidak ada corak tanaman dalam motif batik ini, burung Cendrawasih dan Tifa keduanya berwarna keemasan, sehingga terlihat lebih mencolok apalagi ditambah dengan warna dasar merah. Motif batik ini tersirat sebuah pesan asal muasal batik tersebut berasal.

Keunikan Batik Tulis Papua
Perbedaan motif batik papua dengan jenis batik lainnya di Nusantara terletak pda motifnya. Jika motif Solo dan Jogja, biasanya dibuat simetris maka motif Papua justru kebalikannya. Motif batik Papua kerap dibuat asimetris dengan tambahan kombinasi warna cerah, membuat motif batik Papua terlihat lebih eksotis. Perbedaan lainnya terletak pada penggunaan jenis motif yaitu batik Jawa lebih banyak mengandung simbolisasi dalam penggunaan jenis motif sedangkan motif batik Papua sebagian besar menampilkan kedekatan dengan unsur alam.

Bagaimana?  Indonesia memang kaya akan seni dan budaya bukan? Keanekaragaman batik Indonesia menjadi semakin lengkap dengan adanya batik Papua. Jangan lupa membaca ulasan tentang batik lainnya di website ini ya, atau kalian juga dapat ikut memasukkan data mengenai batik di daerah kalian di website ini. Mari lestarikan budaya Indonesia, mari pakai Batik Papua!

Baca juga : Filosofi di Balik Motif-Motif Batik Parang, Batik Tertua di Indonesia - Part 2

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keunikan Batik Tulis Papua "